Wujudkan Pemerintahan Yang Transparan, Musdes Sungai Jernih Libatkan Semua Unsur Masyarakat

Senin, 31 Agustus 2020 - 17:00:04 WIB - Dibaca: 359 kali

()

JAMBIPRIMA.COM, SUNGAI PENUH- Besarnya harapan masyarakat untuk memiliki pemimpin yang Amanah dan transparan nampaknya mulai terwujud di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Pondok Tinggi.

Memasuki masa tahun pertama Pemerintah Desa Sungai Jernih yang dinahkodai DPT. Rudi Hartono yang terpilih menjadi kades untuk periode 2019- 2025. 

Komponen masyarakat mulai dilibatkan dalam hal perencanaan untuk pembangunan Desa kedepannya.

Seperti diadakannya kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) untuk Penyusunan rencana kerja Pemerintah Desa Sungai Jernih untuk tahun 2021 mendatang.

Tidak hanya melibatkan para staf dan BPD, bahkan Kades mengundang, Camat, Pendamping Desa, para Kadus, RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan tokoh wanita dan agama.

Kegiatan Musdes yang mengambil tempat di Aula Kantor Desa Sungai Jenih, Senin (31/8) tersebut tampak berlangsung alot dan sukses, hingga mendapatkan hasil yang disepakati secara bersama.

Kepala Desa Sungai Jernih, Depati (DPT). Rudi Hartono dalam sambutannya mengaku kedepan akan terus menciptakan pemerintahan yang transparan dan bersinergi. 

Dirinya menyebutkan bahwa tujuan dirinya mengundang semua unsur dalam pembentukan Tim penyusun RKPDES ialah wujud dari sinergitas antara Pemerintah Desa dengan semua unsur yang ada di masyarakat.

“ Untuk mewujudkan Visi dan Misi kami kedepan, perlu adanya kerjasama semua pihak, bahkan masyarakat Desa Sungai Jernih. Maka dalam kegiatan Musdes RKPDES tahun ini semua perwakilan unsur kita libatkan dalam pembahasanya. Supaya arah kebijakan kita kedepan tidak salah dan sesuai keinginan masyarakat,” sebutnya.

Ditambahkan Rudi Hartono, kedepan dirinya akan bekerjasama dengan pihak BPD dalam upaya merumuskan Peraturan Desa yang tentunya dapat memajukan Desa Sungai Jernih.

“Selain dengan Staf dan para Kadus, kita akan terus berkoordinasi dengan BPD dalam hal pembangunan Desa. Kita berharap usulan-usulan pembangunan dari warga kita dapat kita wujudkan dengan merata dhingga dapat dimanfaatkan hendaknya. Hanya saja, lantaran pandemi Covid- 19 kegiatan fisik yang direncanakan tahun ini, terpaksa ditunda tahun depan,” pungkasnya. 

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat, berharap apa saja kebijakan pemerintah desa Sungai Jernih kedepan selalu berpihak pada kepentingan masyarakat banyak. Bukan menguntungkan individu maupun sekelompok orang.  

“Jika pemimpin itu mementingkan kepentingan masyarakat banyak dan bekerja sesuai aturan. Masyarakat pasti senang dan akan ikut membantu memajukan Desa, mudah- mudahan apa saja program kerja Pak Rudi Hartono, bisa berjalan dengan mudah dan tepat guna nantinya,” harapnya.

Diketahui bahwa setelah pembentukan Tim Penyusun KPDES, Kades Sungai Jernih menyempatkan diri untuk menampung beberapa aspirasi warga maupun BPD, terkait kegiatan desa kedepan. Sementara untuk waktu pembahasan nantinya akan disesuaikan dengan aturan yang mengatur dan situasi kondisi. (mko)





BERITA BERIKUTNYA
loading...