Novpriadi, S.Pd.I : Mohon Do'a Semuanya

Tradisi Sungai Bengkal Wakili Jambi Ditingkat Nasional, Hasil Sidang WBTB Diumumkan Sore Ini

Jumat, 09 Oktober 2020 - 01:46:10 WIB - Dibaca: 666 kali

()
 
JAMBIPRIMA.COM, TEBO - Hasil sidang penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun 2020 yang merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dalam rangka mengakomodir dan menginventarisir warisan budaya akan di umumkan sore ini, Jum'at (9/10/2020).
 
" Ya, rencananya hasil Sidang Penetapan WBTB tahun 2020 akan di umumkan sore ini," ujar Perwakilan Lembaga Adat Melayu Jambi (LAMJ) Kecamatan Tebo Ilir, Nopvriadi kepada jambiprima.com.
 
 
Dia menjelaskan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh Kemendikbud Republik Indonesia (RI) setiap tahunnya. Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jamb seyogyanya telah mengusulkan 7 kegiatan tradisi masyarakat Provinsi Jambi ke Kemendikbud RI.
 
" Dari 7 usulan tahap satu yang mewakili Provinsi Jambi tersebut, hanya 2 usulan  yang lolos, yakni Tradisi Mandi Ka Aek Masyarakat Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo. Dan yang kedua Dadung Dari Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari. Sementara 5 usulan lainnya di tunda," jelas Novpriadi.

Karena Kabupaten Tebo adalah salah satu kabupaten yang mewakili Provinsi Jambi di pusat, dirinya memohon do'a kepada seluruh lapisan masyarakat Provinsi Jambi, masyarakat Kabupaten Tebo khususnya, agar pengajuan Tradisi Mandi Ka Aek tersebut lulus sebagai Warisan Budaya Tak Benda Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

" Mohon Do'a Terbaik Semoga agar dalam sidang Pengajuan, Tradisi Mandi Ka Aek Di Luluskan Tim Juri Sebagai warisan Budaya Tak Benda Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi," kata Novpriadi.  
 
Salah satu narasumber Tradisi Mandi ka Aek Sungai Bengkal ini juga mengatakan bahwa sidang penetapan WBTB via Zoom Meeting tersebut akan dilaksanakan di Kantor Dinas Dikbud Kabupaten Tebo.
 
" Sidangnya akan dilakukan via Zoom Meeting di Kantor Dinas," kata Kepala SMPN 42 Tebo ini. (lga)
 




BERITA BERIKUTNYA
loading...