Yunius: Perbaikan Drainase Butuh Dana Besar

Senin, 10 Januari 2022 - 09:28:46 WIB - Dibaca: 96 kali

Foto: istimewa
Foto: istimewa ()

JAMBIPRIMA.COM, KOTA JAMBI – Dinas PUPR Kota Jambi tentunya masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup banyak dan perlu segera dibenahi. Khususnya pada Bidang Sumber Daya Air (SDA), yang harus lekas memperbaiki saluran aliran sungai di dalam Kota Jambi, maupun titik-titik drainase yang menjadi perhatian.

Sebab, saat ini jika hujan turun dengan waktu cukup lama dan intensitas lebat, sejumlah titik di Kota Jambi akan terendam air. Hanya saja memang, diakui Kabid SDA PUPR Kota Jambi, Yunius pihaknya masih terkendala sejumlah hal.

“Seperti biaya, ini terus menjadi kendala kita. Karena untuk memperbaiki seluruh saluran itu butuh biaya yang besar. Sehingga kita memperbaiki saluran itu secara bertahap,” kata dia.

Belum lagi lanjut Yunius, masalah saluran drainase berada di tanah warga, yang terkadang mereka enggan menghibahkan begiut saja tanah mereka. “Sehingga kita butuh biaya lebih untuk mengambil alih lahannya,” timpalnya.

Tahun ini, kata Yunius pihaknya telah mengganggarkan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar yang diperuntukkan perbaikan saluran air sungai Kenaliasam, Kecamatan Kotabaru.

“Karena di situ beberapa waktu belakang masih berdampak banjir maupun genangan. Kalau total sepanjang aliran Sungai Kenaliasam itu butuh sekitar Rp 6 miliar, maka dari itu kita bertahap mengerjakannya,” jelasnya.

Termasuk di antaranya terdapat beberapa box drainase yang mengecil akibat kondisi alam atau hal lainnya yang juga harus mereka tangani secepatnya.

“Tapi sejauh ini beberapa titik, seperti di kawasan Jenderal Sudirman itu sudah berangsur membaik. Selain mengandalkan APBD, kita juga berkoordinasi dengan bidang maupun pihak terkait mengenai hal ini,” pungkasnya. (CR01)





BERITA BERIKUTNYA