Desa Teluk Kuali Kabupaten Tebo Jadi Tuan Rumah Kenduri Swarnabhumi

Kamis, 23 Juni 2022 - 14:22:48 WIB - Dibaca: 854 kali

Tarian Sekapur Sirih (foto: ist)
Tarian Sekapur Sirih (foto: ist) ()

JAMBIPRIMA.COM, TEBO -  Kenduri Swarnabhumi ini akan menjadi momentum menyatukan kembali jejak peradaban Melayu, khususnya peradaban melayu di daerah sepanjang Sungai Batanghari, mulai dari Kampung Laut hingga Dharmasraya.

“Insyaallah Desa Teluk Kuali akan menjadi tuan rumah yang di tunjuk Disporapar Kabupaten Tebo yang bekerja sama dengan Dikbud Kabupaten Tebo dari Rangkaian Kenduri Swarnabhumi dengan tajuk ‘Festival Negeri Pamuncak’,” ungkap Aswandi, S.Kom, Ketua Pokdarwis Negeri Pemuncak dan Pendamping Kebudayaan Desa Teluk Kuali dari Kemendikbud.

“Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 19-20 Agustus mendatang. Akan ada beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya penampilan Seni Budaya, Kuliner Tradisional dan Stand Budaya yang dalam Kawasan 9 Dusun Margo IX Koto,” terangnya.

Aswadi Rahmad, SE, Penggiat Budaya Tebo dari Kemendikbud menuturkan Ada beberapa alasan kenapa Desa Teluk Kuali menjadi tuan rumah kegiatan ini. Pertama, Desa Teluk Kuali adalah pusatnya Margo IX koto, disamping itu juga terdapat peninggalan situs dan sejarah, saat ini Teluk Kuali “ternotice” di pusat, karena telah sukses mengadakan program pemajuan kebudayaan Desa Selain itu juga Pokdarwis Negeri Pemuncak Teluk Kuali masuk dalam 100 Desa Wisata Terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2022) dari KEMENPAREKRAF dengan tema "Indonesia Bangkit"

“Dengan mengadakan Festival tahunan, meski skala tingkat Desa, akhirnya Desa Teluk Kuali menyandang predikat Sebagai Desa Budaya dan Desa Wisata di Tingkat Nasional,” imbuh Aswadi Rahmad, SE.

Sementara itu, Heri, Pendamping Desa Kecamatan Tebo Ulu menyampaikan bahwa Festival Negeri Pamuncak ini nanti perlunya gotong-royong dari pemangku kebijkan di Tebo, dan Juga kita bisa melihat keragaman budaya yang ada di margo IX koto kala itu, hal ini sebagai penguatan lokal bagi desa-desa yang ada di kecamatan Tebo Ulu.

“Untuk mensukseskan acara ini perlunya Partisipasi dari warga Desa yang ada di kecamatan Tebo Ulu, karena ini adalah momentum bagi Desa-desa lainnya untuk menyelenggarakan festival tahunan dalam hal melestarikan seni dan budaya,” jelasnya. (Red)





BERITA BERIKUTNYA