Penanggulangan Inflasi, Pemkot Jambi Siapkan 15 Ribu Paket Sembako Murah

Senin, 19 September 2022 - 10:46:32 WIB - Dibaca: 113 kali

Ilustrasi Paket Sembako
Ilustrasi Paket Sembako (Istimewa )

JAMBIPRIMA.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi bakal menyalurkan sembako murah kepada masyarakat, sebagai upaya percepatan penanggulangan inflasi daerah. Rencananya ada sebanyak 15 ribu paket sembako. Dalam tiap paketnya akan ada beras, minyang goreng, gula pasir dan telur.

Kepala Dinas Sosial Kota Jambi, Noviarman mengaku, pemerintah kota Jambi telah memiliki tim percepatan penanggulangan inflasi daerah. Dalam tim tersebut pihaknya dipercaya sebagai penyedia data untuk penerima bantuan paket sembako murah itu. Sembako murah tersebut disubsidi oleh Pemkot Jambi dengan menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT).

"Diambil dari data kategori rentan miskin," kata Noviarman, Minggu (18/9).

Ia memyebutkan, data tersebut bersumber dari RT, Lurah dan Camat. Kemudian pihaknya di Dinas Sosial melakukan verifikasi.

"RT yang memiliki kewenangan pendataan awal. Kita tinggal verifikasi," imbuhnya.

Noviarman mengaku, kuota 15 ribu paket sembako tersebut akan disebar untuk seluruh kecamatan yang ada di Kota Jambi.

"Nanti akan diadakan pasar murah di tiap kecamatan. Sistemnya memakai kupon. Pemegang kupon sudah melalui pendataan RT dan di verifikasi Dinas Sosial. Yang jelas penerimanya bukan KPM PKH dan penerima BPNT," tambahnya.

Dalam paket sebako tersebut kata Dia, akan ada beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, telur 10 biji dan gula pasir 1 kg.

"Subsidi berapa belum diputuskan. Apakah nanti subsidi 50 persen. Atau 60-40 persen. Pengadaan komiditinya ada Dinas Perdagangan. Penyalurannya menunggu selesai pengadaan di Disperindag," pungkasnya. (Ahmad)





BERITA BERIKUTNYA