Oleh: Irma Nesah Mahasiswi Ilmu Politik Universitas Jambi

Bagaimana Kebijakan Fiskal Dalam Mengatasi Ancaman Resesi 2023

Senin, 24 Oktober 2022 - 10:52:20 WIB - Dibaca: 3713 kali

Irma Nesah Mahasiswi Ilmu Politik Universitas Jambi
Irma Nesah Mahasiswi Ilmu Politik Universitas Jambi (Dok Pribadi)

Kebijakan pemerintah pada dasarnya merupakan tindakan yang ditunjukkan kepada publik. Dimana suatu kebijakan bertujuan untuk bisa mengatasi atau memecahkan masalah - masalah yang sedang di hadapi masyarakat khususnya di bidang ekonomi di suatu negara.

Dikutip dari Kumenkeu.go.id Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada saat konferensi pers APBN KITA pada tanggal 26 September 2022 mengatakan Indonesia perlu melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya pelemahan kinerja perekonomian dunia akibat inflasi tinggi dan kenaikan suku bunga.

Selaras dengan hal tersebut untuk mencapai tujuan bersama khususnya dalam hal yang bersifat mengatasi ancaman resesi tahun 2023 maka kebijakan fiskal dapat dijadikan sebagai jalan keluar untuk mengatasi resesi pada tahun 2023 nanti, dimana pada dasarnya kebijakan fiskal ini sangat erat kaitannya dengan pemerintah dalam aktivitas ekonomi karna salah satu peran pemerintah ialah mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan kebijakan fiskal dengan tepat.

Kebijakan fiskal merupakan salah satu usaha untuk mempertahankan stabilitas ekonomi. kebijakan fiskal ini dapat dilakukan dengan penaikan efektivitas serta efisien pengeluaran negara. Hal ini harus dilakukan pemerintah sebagai salah satu antisipasi terhadap ancaman resesi pada tahun 2023 di tambah dengan adanya inflasi yang terus meningkat dan harus segera ditindaklanjuti oleh pemerintah. 

Pemerintah harus membuat kebijakan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya. Dalam mensejahterakan masyarakat pemerintah harus mengatur laju perekonomian berupa pemasukan dan pengeluaran serta hutang agar lebih stabil. Akan tetapi kebijakan fiskal ini harus tetap menstabilkan harga pasar, karna jika harga pasar terus - menerus menurun maka pada pedagang tidak bisa mendapatkan untung disisi lain jika harga terus melambung tinggi maka akan terjadi inflasi.

Adapun peran dari kebijakan fiskal ini adalah:

1. Menurunkan tingkat inflasi 

2. Meningkatkan pendapatan masyarakat

3. Mengurangi tingkat pengangguran

4. Meningkatkan stabilitas perekonomian

5. Menyejahterakan masyarakat

Pemerintah tidak boleh sembarang dalam membuat kebijakan salah satu contoh adalah kebijakan fiskal dengan melalui menaikan harga pajak. Peran pemerintah sangat penting dalam mewujudkan kebijakan fiskal agar terciptanya kesejahteraan dikalangan masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, mendorong tingkat tumbuhnya ekonomi sehingga proses kebijakan fiskal ini dapat berjalan dengan semestinya. Jika pemerintah tidak profesional dalam menjalankan kebijakan fiskal ini akan mengakibatkan masyarakat tidak bisa percaya terhadap pemerintah. 

Agar kebijakan fiskal serta peran ini terwujud harus adanya kerjasama antara pemerintah dan elemen masyarakat dengan pemerintah membuat kebijakan dan masyarakat menaati kebijakan tersebut sehingga tercipta nya kebijakan yang baik dari proses sampai mengimplementasinya. (*)





BERITA BERIKUTNYA