Pembukaan Festival Pengabuan Berhasil Meraih Perhatian Masyarakat Tanjab Barat

Rabu, 09 Agustus 2023 - 08:45:38 WIB - Dibaca: 1294 kali

Pembukaan Festival Pengabuan Tanjab Barat
Pembukaan Festival Pengabuan Tanjab Barat (jambiprima.com)

JAMBIPRIMA.COM,TANJABBBAR -  Festival Pengabuan Tanjung Jabung Barat 2023 secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Harian, SH di Alun-alun Kota Kuala Tungkal Selasa malam (08/08/2023).

Dengan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari Tari silat dan tari Inai kreasi, Video dan musik treaser, Video dokumenter, penampilan band medley, dan di tutup dengan penampilan bintang tamu Azmi Alkatiri.

Kepala Dinas pariwisata pemuda dan olahraga menyampaikan laporan singkat kegiatan  Festival Pengabuan Tanjung Jabung Barat tahun 2023 yang merupakan rangkaian kenduri swarnabumi provinsi jambi tahun 2023 

Maksud dan tujuan kegiatan meningkatkan rasa bangga dan cinta pada budaya dan kearifan lokal, melestarikan nilai luhur budaya serta harmonisasi kehidupan sosial dari berbagai kultur etnis dan komunikasi yang tumbuh di masyarakat, penyediaan prasarana pengembangan zona ruang kreatif. 

Waktu pelaksanaan kegiatan berlangsung dari tanggal 7-10 Agustus 2023 , dengan rincian Masing-masing rangkaian kegiatan tercantum di dalam rundown, Lokasi rangkaian kegiatan dilaksanakan di 3 tempat, alun-alun kota kuala tungkal, jembatan titian orangkayo mustiko rajo alam (wfc) dan kawasan mangrove pangkal babu 

Festival pengabuan tahun 2023 ini memiliki rangkaian kegiatan sebagai berikut penyelenggaraan tradis maccirak parit di mangrove pangkal babu ,penayangan video dokumenter sungai pengabuan,tampilan musik Kreatif, tari kolosal, lomba pacu tongkah, Lomba balap pompong,tari tradisi, Lomba lagu daerah , bersepeda ke mangrove, bazar ekonomi kreatif, lomba masak kerang dan penampilan armada.

Dalam sambutannya Wabup Harian berharap Festival Pengabuan ini mampu mendongkrak kepariwisataan dan kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada khususnya di Provinsi Jambi pada umumnya di Mata Nasional dan Global serta mampu meningkatkan pergerakan wisatawan lokal maupun mancanegara yang tentu saja akan berdampak pada bangkitnya perekonomian masyarakat dan daerah sepenuhnya." Harapnya.

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat H. Harian, SH juga mengucapkan Syukur dan Terimakasih berkat dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan support dari Pemerintah Provinsi Jambi, pada tahun 2023 Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat berpartisipasi pada kegiatan Kenduri Sewarnabumi provinsi Jambi tahun 2023 melalui Festival Pengabuan Tanjung Jabung Barat ini.

"Atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan tidak lupa pula kepada Pemerintah Provinsi Jambi, sehingga Festival Pengabuan Tanjung Jabung Barat Tahun 2023 sebagai dukungan penyelenggaraan Kenduri Sewarnabumi Provinsi Jambi Tahun 2023 dapat terlaksana."Ucap Wabup.

Gubernur Jambi yang kali ini diwakili oleh Staf Ahli Provinsi Jambi bidang Hukum Pemerintahan dan politik dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan mendukung penyelenggaraan acara ini.

"Apresiasi saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan mendukung penyelenggaraan acara ini. Dan berharap rangkain kegiatan dalam Festival Pengabuan ini mampu meninggalkan bekas, motivasi serta menggali ide kreatif seluruh komponen masyarakat untuk turut serta dalam pelestarian budaya dan juga lingkungan" Ucapnya.

Turut hadir pada pembukaan Festival Pengabuan Tanjab Barat, Direktur perfilman, musik dan media direktorat jenderal kebudayaan Ahmad Mahendra, M, Tr, A.P, Kepala Balai pelestarian kebudayaan 5 wilayah Jambi dan Bangka Belitung Agus Widiatmoko, Tim ekspedisi Batanghari Tahun 2023, Staf Ahli Provinsi Jambi bidang Hukum Pemerintahan dan politik, Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata Provinsi Jambi, Unsur Prokopimda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Para kepala perangkat daerah lingkup Tanjab Barat, A





BERITA BERIKUTNYA