Prediksi Hujan di Jambi Oktober, Cek Faktanya

Rabu, 20 September 2023 - 10:54:11 WIB - Dibaca: 2010 kali

Ilustrasi hujan turun
Ilustrasi hujan turun (pixabay.com/Sasin Tipchai)

JAMBI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi telah merilis prediksi awal musim hujan di wilayah Jambi. Meskipun awal musim hujan diperkirakan pada awal Oktober 2023, beberapa wilayah di Provinsi Jambi sudah mulai diguyur hujan dalam beberapa waktu terakhir, dengan intensitas mulai dari ringan hingga lebat.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha Jambi, Ibnu Sulistyono, menjelaskan bahwa awal musim hujan ini akan dimulai lebih awal di bagian Barat dan Utara Jambi.

Perkiraan BMKG Jambi menyatakan bahwa awal musim hujan akan terjadi di Kabupaten Kerinci, Merangin, Bungo, dan Tebo, sementara kabupaten lainnya akan mengalami musim hujan secara bertahap.

Ibnu Sulistyono juga menambahkan bahwa intensitas hujan diperkirakan akan meningkat dalam satu pekan ke depan. Hal ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kekeringan yang telah berlangsung di Provinsi Jambi, terutama di wilayah lahan gambut.

Penyebab tidak meratanya musim hujan di Provinsi Jambi adalah karena zona musim yang cukup luas, sehingga musim hujan akan terjadi tidak secara serentak di seluruh daerah. Hal ini adalah kabar baik bagi warga Jambi yang telah lama menantikan hujan untuk mengatasi masalah kekeringan.





BERITA BERIKUTNYA