Gabung di Asri Media Group, lintastungkal.com Targetkan 2021 Lolos Verifikasi

Selasa, 06 Juli 2021 - 08:23:09 WIB - Dibaca: 1265 kali

()

JAMBIPRIMA.COM, TANJABBAR - Verifikasi media oleh Dewan Pers semakin diperlukan oleh publik. Karena, jumlah media meningkat secara tajam. Hak masyarakat untuk mengetahui media mana saja yang memenuhi ketentuan UU No. 40/1999 tentang Pers, tentu saja menjadi tanggungjawab Dewan Pers untuk memenuhinya.

Agar tidak kalah dalam persaingan media, manajemen lintastungkal.com tahun ini manargetkan lolos verifikasi oleh Dewan Pers. Keseriusan manajemen linstastungkal.com dibuktikan dengan ditunjuknya wartawan pemegang sertifikasi dan kartu kompeten tingkat utama, Wiliatno sebagai Pemimpin redaksi. Adanya wartawan kompeten tingkat utama merupakan salah satu syarat agar bisa mengikuti proses verifikasi media.

Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi administrasi yang dilakukan Dewan Pers hanya meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers saja. Sedangkan verikasi aktual menunjukkan bahwa Dewan Pers telah memeriksa semua persyaratan.

Misalnya terkait autentitas, orisinalitas, dan integritas obyek seperti apakah obyeknya masih utuh atau sudah diubah. Verifikasi faktual menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah   memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers.

Tidak hanya manargetkan verifikasi oleh dewan pers, lintastungkal.com juga telah resmi menjadi salah satu anggota Asri Media Group yang dikomandoi oleh Hery FR sebagai CEO. Penyerahan berkas dilaksanakan Senin (05/07/21) bertempat di kedai Kopi Tiam Kualatungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

Pemilik media lintastungkal.com, Hairul menyebutkan bahwa medianya bergabung ke dalam naungan Asri Media Group,  karena ingin berbagi kepada sesama atau orang yang membutuhkan.

Misi utama dibentuknya Asri Media Group ialah menggalang dana kegiatan social berupa menyisihkan 3 % dari pendapatan untuk disalurkan ke pondok pesantren maupun anak yatim. 

“Terima kasih telah diperkenankan bergabung,  harapannya apa yang kita cita – citakan tercapai. Usaha dan hasil yang diperoleh semoga selalu mendapatkan Berkah, Amin, ungkap Hairul.

Zaman now seperti sekarang ini, gelombang yang sedang menerpa adalah transformasi masyarakat dari gelombang peradaban subsistens, peradaban industri meloncat ke gelombang peradaban informasi. Lewat platform media massa salah satunya yakni media online (siber), informasi membanjiri benak manusia Indonesia.

Kondisi tersebut menjadi tantangan perkembangan perusahaan pers, terutama dalam memilah informasi faktual dan benar serta mencerdaskan bangsa atau malah sebaliknya menyebarkan informasi yang berisi hoax, kebohongan, intoleransi dan kebencian. (AMG/ID*)





BERITA BERIKUTNYA