Hingga September, Realisasi Investasi Capai Rp 545,97 Miliar

Jumat, 17 Desember 2021 - 13:02:08 WIB - Dibaca: 1952 kali

Komplek Pergudangan Kastara
Komplek Pergudangan Kastara ()

JAMBIPRIMA.COM, JAMBI- Realisasi investasi di Kota Jambi dari Januari-September 2021 sudah mencapai angka Rp545,97 miliar. Angka itu terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp487,34 miliar dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp58,63 miliar. 

"Hingga September lalu realisasi investasi di kota Jambi sudah melampaui target yang ditentukan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Jambi 2021, yaitu sebesar Rp474,62 miliar. Sementara realisasinya sudah 115 persen," kata Kepala dinas penanaman modal dan perizinan terpadu satu pintu (DPMPTSP) kota Jambi, Fahmi

Kata Fahmi, tahun lalu, realisasi investasi di kota Jambi sampai dengan akhir tahun hanya sebesar Rp292 miliar. Tahun ini sudah ada perbaikan ekonomi sehingga berpengaruh terhadap nilai investasi di kota Jambi. Dia memastikan hingga akhir tahun nanti angka realisasi investasi itu akan meningkat lagi.

"Kita belum bisa melihat di sistem, Apa saja rencana investasi yang bakal dibangun di kota Jambi itu. Tapi yang jelas kebanyakan masih bergerak di bidang perdagangan dan jasa," katanya.

Berdasarkan data yang masuk kemungkinan terbesar nilai investasi itu berasal dari Jambi Bisnis Center (JBC) yang akan dibangun di eks Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jambi. 

"Memang berdasarkan rencana pihak pengembang akan membangun hotel, Mall dan pertokoan. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) khusus pertokoan sudah diterbitkan. Sementara untuk mall dan hotel bakal mereka ajukan di tahun depan. Ketika IMB sudah keluar semua, baru mereka akan mulai membangun," kata Fahmi.

Fahmi mengatakan selain JBC juga ada hotel Harris yang akan dibangun di bekas hotel Novita. 

"IMB sudah, tapi kita belum tahu apakah sudah mulai bangun atau belum, pihak pengembang belum kasih laporan," ujarnya. 

Lanjut Fahmi, tahun depan sesuai dengan RPJMD kota Jambi, target realisasi investasi Tahun 2022 adalah sebesar Rp470 miliar, dan di tahun 2023 sebesar Rp480 miliar. (CR01)





BERITA BERIKUTNYA