Maulana Resmikan Gerai UMKM Talangbanjar

Kamis, 17 Februari 2022 - 10:48:08 WIB - Dibaca: 1236 kali

Foto: istimewa
Foto: istimewa ()

JAMBIPRIMA.COM, KOTA JAMBI- Wakil Wali Kota Jambi, Maulana meresmikan galeri UMKM di Kelurahan Talang Banjar, Rabu (16/2). Galeri UMKM itu diharapkan bisa mempromosikan beragam produk yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar.

"Karena disini pelaku UMKM terutama ibu-ibu (emak-emak) jumlahnya sangat besar. Totalnya di Kelurahan Talang Banjar ini ada sebanyak 438 UMKM, makanya salah satunya kita fasilitasi melalui galeri UMKM ini, sebagai upaya membantu untuk pemasarannya," kata Maulana.

Dia menambahkan, selain terdapat galeri UMKM, di halaman Kantor Lurah Talang Banjar ini juga terdapat pembudidayan Hidroponik dan Kolam Ikan. 

"Ini sesuai dengan tema pembangunan kita, yaitu meningkatkan daya saing daerah dan pariwisata untuk pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19," katanya.

Kata Maulana, dari total 438 UMKM yang ada di Talang Banjar itu, nantinya akan dibina mulai dari segi Permodalan, Pengemasan, hingga Pemasaran. 

"Kita memang mendorong pemasarannya lewat digital marketing," katanya.

Dia mendorong setiap lurah di Kota Jambi, untuk memiliki satu inovasi yang mendukung tema pembangunan tahun ini. 

Sementara itu, Kadis Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Komari mengatakan, pihaknya saat ini memang tengah fokus melatih para pelaku usaha UMKM untuk memasarkan produknya melalui digital. Pihaknya memiliki tenaga pendamping berjumlah 25 orang untuk membantu para pelaku usaha itu, khususnya ibu-ibu. 

"Harapan kami UMKM ini bisa tumbuh dan mampu menopang perekonomian Kota Jambi. Sehingga kedepan UMKM ini bisa naik kelas, dan memiliki omset yang besar serta bisa menyerap banyak tenaga kerja," katanya. 

Terlebih saat ini, ketika pandemi muncul dan memberikan dampak yang cukup dalam, justru peluang-peluang baru terbuka. Pandemi menyebabkan terjadinya disrupsi yang membuat masyarakat menjadi lebih ramah dengan digital.

"Inilah market yang bisa dibidik dari usaha UMKM ini. Termasuk untuk hal akses pembiayaan atau akses permodalannya," katanya. (CR01)





BERITA BERIKUTNYA