BRGM Gelar Pelatihan dan Pembinaan Regu Operasi Pembahasan Lahan Gambut Jambi

Jumat, 29 Juli 2022 - 20:00:21 WIB - Dibaca: 195 kali

Istimewa
Istimewa (Istimewa )

JAMBIPRIMA.COM, MUAROJAMBI  -Bertempat di Hotel Aston,Jum'at (29/07/2022),Badan Restorasi Gambut dan Mangrevo (BRGM),mengelar Pembinaan dan pelatihan Regu Operasi Pembahasan Lahan Gambut di Provinsi Jambi.

Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Regu Operasi Pembahasan Lahan Gambut provinsi Jambi yang dihadiri Kepala Dinas kehutanan provinsi Jambi,kepala balai PPIKHL Wil,Sumatra,kepala balai taman Nasional Berbak dan sembilan Provinsi Jambi,Kepala Direskrimsus Polda Provinsi Jambi,kepala Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi,kepala SPTN TNBS Provinsi Jambi,Kepala UPTD Tahura orang Kayo Hitam Provinsi Jambi,Koordinator Wilayah Manggala Agni Provinsi Jambi dan serta undangan Lainnya.

Posko -Posko operasi Pembahasan tingkat Tapak atau Posko Operasi Pembasahan terdiri dari 6 desa yakni Desa Pulau Mentaro,Desa Sponjen,Desa Pandan Sejahtera,Desa Catur Rahayu,Desa Air Hitam laut dan Desa rantau rasau.

kasubpokja Wilayah Jambi Zulfikar Ali dalam kesempatan ini mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan,wawasan dan kapasitas posko tingkat Tapak terutama kesiap siagaan dalam pencegahan karlahut dan pemandaman dini.

Lanjutnya dikatakan Zulfikar Ali,saat ini dari Polda jambi mengunakan sistem digital dengan memanfaatkan kamera pemantau atau CCTV. Pemantauan ini dapat diikuti secara realtime.

"Harapan kita tentunya dengan adanya aplikasi ini kita dapat menemukan titik api secara lebih cepat agar tak terjadi kebakaran. Yang paling penting adalah setelah mengetahui titik api tersebut, maka tim satgas yang tergabung dalam penanganan karhutla dapat secara cepat mendatangi titik api dan melakukan pemadaman secara cepat,"ungkapnya

Adapun keunggulan dari Asap Digital Nasional adalah adanya CCTV live auto monitoring. Zulfikar menyebut, kamera CCTV yang terpasang memiliki kemampuan yang mampu memantau 360 derajat dengan jangkauan tiga kilometer.

Sementara itu,Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Regu Operasi Pembahasan Lahan Gambut Jambi Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 29 – 30 Juli 2022. (Subahan)





BERITA BERIKUTNYA