Nguleg Sambal Bawang Putih di Kerinci Pecahkan Rekor MURI

Selasa, 06 Desember 2022 - 10:35:21 WIB - Dibaca: 728 kali

Saat pelaksanaan Nguleg Sambal Bawang Putih Nusantara di Kerinci
Saat pelaksanaan Nguleg Sambal Bawang Putih Nusantara di Kerinci (Istimewa )

JAMBIPRIMA.COM,KERINCI - Bawang Putih masuk salah satu tanaman unggulan kabupaten Kabupaten Kerinci, ikut memeriahkan acara jambore Gebyar Holtikultural, pada Jumat (02/12). Pada acara tersebut Pemkab Kerinci turut andil memecahkan Rekor Muri Nguleg Bawang Putih Nusantara.

Acara Gebyar Jambore ini mengambil tempat di Desa Sungai Bendung Air Kecamatan Kayu Aro, dengan Peserta Rekor Muri terdiri dari 10 Kabupaten/Kota se indonesia yang memiliki sentra bawang putih. Kerinci sendiri memiliki sentra pengembangan bawang putih varitas lokal Jangkiriah Adro.

Pemecahan Rekor Muri tersebut langsung dihadiri Bupati Kerinci Dr.H.Adirozal,M.Si, Sekda Kerinci Zainal Efendi,M.Si, Asisten Pemerintahan sekaligus Plt.Diskominfo Kerinci Dr.Yannizar,M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikula Kab.Kerinci dan Camat Kayu Aro.

Bupati Kerinci H.Adirozal menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten Kerinci terus mengembangkan bawang putih varitas lokal Jangkiriah Adro, yang menjadi salah satu tanaman Holtikultural unggulan kabupaten Kerinci.

"Alhamdulillah kita telah melaksanakan nguleg sambal bawang Putih Nusantara, kita juga ikut masuk dalam memecahkan Rekor Muri Nguleg Bawang Putih. Selain itu Kita terus kembangkan tanaman bawang putih varitas lokal Jangkiriah Adro, ini merupakan salah satu tanaman yang lokal yang di kembangkan di kabupaten Kerinci,"ujarnya.

Pada pelaksanaan Gebyar Bawang Putih Nusantara ini juga turut dibagikan doorprize untuk peserta nguleg bareng Gebyar Bawang Putih bagi yang beruntung dan diserahkan langsung bupati kerinci, sekda dan kadis pertanian, Doorprize tersebut terdiri dari Hadiah Utama berupa Sepeda Sport, TV, Dispenser, dan Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya.

Dalam Gebyar Bawang Putih Nusantara di acara Jambore Hortikultura 2022, Rekor MURI untuk kategori Nguleg Sambal Serentak berhasil dipecahkan. Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan rasa kagum dan bangganya atas animo peserta.

Rekor MURI untuk kategori nguleg sambel diakui sebagai yang unik. Tidak hanya membangkitkan kecintaan pada bawang putih lokal namun juga menyatukan masyarakat dari berbagai lapisan dan wilayah. Hal ini diakui membanggakan negeri.

“Momen uleg sambal bawang putih serentak ini bukan hanya yang pertama di Indonesia, tetapi juga di dunia. Oleh karena itu, kami kukuhkan uleg sambal bawang putih terbanyak dan serentak sebagai Rekor Dunia. Selamat kepada Kementerian Pertanian,”kata Direktur Marketing MURI, Awan Rahargo.(Bdu)





BERITA BERIKUTNYA