Nyaman Copot Sepatu

Senin, 24 Februari 2020 - 18:28:55 WIB - Dibaca: 560 kali

()

Jambione.com– Saat bersekolah, siswa diwajibkan bersepatu. Namun, hal tersebut tampaknya tidak berlaku kepada siswa di beberapa sekolah di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang. Beberapa anak-anak sudah terbiasa memakai sandal. Mulai berangkat ke sekolah hingga pulang ke rumah.

Potret pendidikan di daerah pegunungan yang asri dan memanjakan mata rupanya menjadi salah satu alasan mereka enggan bersepatu. Pasalnya, lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka memiliki akses yang tak biasa. Tempat itu memiliki curah hujan tinggi, ditambah kondisi jalanan yang terjal dan menanjak atau naik-turun.

Wajar bila anak-anak itu lebih memilih sendal dari pada sepatu. Mereka bukan tidak memiliki sepatu atau tidak mampu untuk membeli sepatu. “Ada sepatunya, tapi ndak dipakai. Lebih enak sandal,” kata Nana, salah satu siswa, saat disapa Jawa Pos Radar Jember.

Diketahui, mereka adalah beberapa siswa dari SD Negeri Bintoro 3. Mereka cukup percaya diri menggunakan sendal. Sebab, hal itu sudah biasa mereka lakukan tiap hari. Selain itu, bukan hanya satu dua anak, melainkan cukup banyak.

Bahkan, anak-anak itu sudah terbiasa menempuh jarak sekitar 3 kilo meter perjalanan berangkat ke sekolah hingga pulang ke rumah. Meski demikian, sepintas wajah ceriah mereka masih terpancar saat bermain bersama teman-teman sebaya mereka yang bersepatu.

Hal yang sama juga terjadi di daerah SD Negeri Bintoro 5. Informasinya, sekolah tersebut merupakan sekolah paling atas yang berada di Pegunungan Argopuro Kelurahan Bintoro Patrang, tapi masih memiliki akses yang lumayan terjangkau.

“Dulu banyak anak-anak yang bersepatu. Itu karena ada salah satu jalan sini yang belum dipaving. Tapi sekarang, jalan itu sudah dipaving sebulan kemarin,” kata Purwito, KS SDN Bintoro 5.

Meski telah memiliki akses yang memadai, tapi kebiasaan anak-anak diakuinya belum hilang. Namun, kondisi itu tampaknya disadari oleh pihak sekolah. Terlebih saat musim hujan seperti saat ini, mereka terbiasa menggunakan sendal hendak ke sekolah. Karena tak jarang, saat siang hari pun, daerah tersebut sudah turun hujan.(*)

Sumber: Radarjember.id




BERITA BERIKUTNYA