Di Tengah Pandemi Covid-19, Orang Dewasa Dapat Mengalami Penurunan Kesehatan Mental

Kamis, 11 Maret 2021 - 20:02:33 WIB - Dibaca: 1071 kali

()

JAMBIPRIMA.COM, KOTA JAMBI- Di masa pandemi covid-19 seperti ini, banyak hal menjadi terganggu. Mulai dari sektor ekonomi hingga kesehatan mental. Penurunan kesehatan mental disebabkan banyak faktor, salah satunya stress.

Banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK), tidak bisa beraktivitas di luar rumah, hingga terjangkit virus covid-19. Beberapa hal ini yang menjadi penyebab munculnya stress.

Saat ditemui di kantornya, Nova Rinci Astuti, M.Psi, Psikolog, Cht, Ci. Menjelaskan bahwa, orang dewasa juga dapat terkena penurunan kesehatan mental. Hal ini disebabkan mereka tidak terbiasa dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu, mereka mengalami stress yang kemudian mempengaruhi kesehatan mental mereka.

Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan kegiatan positif. Hal ini berguna untuk membantu memperbaiki sekaligus menghilangkan rasa stress mereka. Kegiatan-kegiatan kecil saja yang perlu dilakukan. Seperti bercocok taman, bercerita, hingga liburan sejenak. Hal ini dapat memperbaiki tingkat stress mereka.

Oleh karena itu, orang dewasa sekalipun dapat mengalami penurunan kesehatan mental, sehingga perlu diperhatikan juga. Tidak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Cara untuk mengurangi dengan berkonsultasi dengan orang yang tepat atau melakukan kegiatan positif yang dapat memperbaiki kesehatan mental. (San)





BERITA BERIKUTNYA