Beruang Resahkan Warga Sungai Jeruang Sungai Penuh

Kamis, 16 Desember 2021 - 20:00:09 WIB - Dibaca: 1390 kali

Penampakan Beruang (Foto:Ist)
Penampakan Beruang (Foto:Ist) ()

JAMBIPRIMA.COM, SUNGAIPENUH - Beruang kembali meresahkan masyarakat Dusun Sungai Jeruang, Desa Sungai Jernih, Kecamatan Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh. 

Dalam Bulan Desember ini sudah dua kali warga menemukan Beruang  yang berkeliaran di dekat pemukiman warga. Hal tersebut membuat warga merasa khawatir dan resah. 

"Ya, sudah meresahkan beruang di dusun sungai Jeruang, kami pun takut untuk ke ladang. Beruangnyo cukup besar,"ungkap salah seorang warga setempat. 

Kepala Dusun Sungai Jeruang, Miko Adri, saat dikonfirmasi (16/12), membenarkan ada beruang berkeliaran dipemukiman warganya. Dia mengatakan dalam bulan Desember sudah Dua kali warga menemukan Beruang yag berkeliaran di Pemukiman warga. 

"Warga sudah resah dengan munculnya Beruang di dekat Pemukiman masyarakat, petani pun ragu untuk keladang setelah munculnya beruang itu,"jelas Kadus Muda di Sungai Penuh ini pada Kamis (16/12). 

Dia menambahkan sebelumnya sudah pernah Satu Beruang masuk perangkap petugas BKSDA, cuma itu di wilayah Dusun Batu Panjang, tidak wilayah sungai Jeruang. 

"Sekarang beruang sudah berkeliaran di Sungai Jeruang, dia (Beruang, red)  memakan Cempedak di dekat rumah warga, kita harapkan segera menjadi perhatian dari pihak BKSDA bangko,"sebutnya. 

Sementara itu, Kepala BKSDA Seksi Wilayah I Bangko, Udih Ikhwanuddin saat dikonfirmasi (16/12) mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan laporan adanya satwa liar Beruang yang berkeliaran di pemukiman warga. 

"Belum, tolong kadesnya arahkan untuk buat surat permohonan bantuan penanganan gangguan satwa beruang ke kepala BKSDA  Wilayah 1 merangin di bangko, untuk dasar turun tim,"katanya. 

Sebelumnya pihaknya sudah pernah menurunkan tim untuk memasang perangkap dan Satu ekor Beruang masuk perangkap. "Sebelumnya Itu sudah saya turunkan tim  utk pasang perangkap, yang ini minta di Perbaharui aja tanggalnya. Setelah masuknya surat baru tim akan diturunkan untuk memasangkan perangkap di lokasi tersebut,"pungkasnya. (Bdu)





BERITA BERIKUTNYA