Jelang Seleksi Paskibraka, PPI Kota Jambi Gelar Latihan Gabungan

Senin, 17 Januari 2022 - 08:49:02 WIB - Dibaca: 438 kali

Foto: istimewa
Foto: istimewa ()

JAMBIPRIMA.COM, KOTA JAMBI – Guna menyeragamkan persepsi dalam hal baris berbaris, kemarin (16/1), ratusan anggota paskibra dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah (MA) sederjat se Kota Jambi, berkumpul di Lapangan Yayasan Puri Indah, El Mundo, Jalan Sarkawi No 1, Kelurahan Talangbakung, Kecamatan Paalmerah.

Para anggota paskibra ini, menindaklanjuti surat dengan No 003/SP/LATGAB-PPI/I/2022, perihal pemberitahuan kegiatan latihan gabungan yang ditujukan ke pembina Paskibra SMA/SMKA/MA sederajat di Kota Jambi, beberapa waktu lalu.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Cabang Kota Jambi, Hendra Cipta menyebutkan, selain untuk penyeragaman persepsi, dikumpulkannya para anggota paskibra se Kota Jambi ini, juga untuk menjalin silaturahmi.

Kata dia, di samping hal tersebut, juga dilakukan latihan gabungan sebagai bentuk pemanasan jelang hari kemerdakaan RI, Agustus mendatang. “Ini pemanasan untuk melihat potensi-potensi calon anggota Paskibraka. Khususnya di Kota Jambi,” kata Cipta Hendra, saat dijumpai di lokasi latihan gabungan, kemarin (16/1).

Meski kemerdekaan RI Agustus mendatang masih cukup lama, namun hal ini perlu dilakukan sedini mungkin. Mengingat, pada April mendatang sudah memasuki bulan suci ramadan.

“Seleksinya rencana bulan Maret mendatang. Sebab kita kan April sudah puasa. Jadi latihan gabungan pertama ini untuk melihat kekuatan para calon anggota Paskibraka Kota Jambi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Februari mendatang, PPI Cabang Kota Jambi akan melantik kepengurusan dan melakukan rapat kerja. Ini dilakukan untuk mengambil langkah selanjutnya, yakni mengadakan latihan ketangkasan baris berbaris, agar para calon anggota Paskibra Kota Jambi dapat lebih fokus.

Sebelum dimulainya latihan gabungan kemarin, perwakilan anggota paskibra diberikan secara simbolis beberapa barang kelengkapan paskibra oleh sejumlah perwakilan. Baik dari Yayasan Puri Indah, El Mundo, Lurah Talangbakung, anggota DPRD perwakilan Dapil Jambi Selatan, maupun pihak lainnya.

Pada tahun 2021 lalu, 56 anggota paskibra Kota Jambi hasil seleksi 2021 kembali dikukuhkan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha. Para paskibra terpilih mengibarkan dan menurunkan bendera pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2021 lalu.

"Harapannya bukan hanya saat pengibaran tapi pascanya. Mereka harus menjadi teladan maupun contoh bagi teman-temannya nanti. Juga menjaga perilaku kehidupan," ungkapnya. (CR01)





BERITA BERIKUTNYA