Dewan Kota Jambi Minta PDAM Kejar Target Pelayanan 80 Persen

Jumat, 13 Mei 2022 - 13:59:54 WIB - Dibaca: 414 kali

Dewan Kota Jambi melihat Intake PDAM (foto:istimewa)
Dewan Kota Jambi melihat Intake PDAM (foto:istimewa) ()

JAMBIPRIMA.COM, JAMBI- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi menginginkan adanya perbaikan layanan distribusi air bersih yang selama ini dikelola oleh Perumda Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi. Hal itu seiring dengan tambahan modal senilai Rp50 miliar yang digelontorkan oleh Pemkot Jambi dari pinjaman PT SMI. 

Seperti diketahui, dana senilai Rp50 miliar itu digunakan untuk membangun infrastruktur produksi dan jaringan. Seperti mengganti perpipaan dan membangun intake baru dengan kapasitas yang lebih besar. Guna memastikan pembangunan sesuai rencana, Komisi II DPRD Kota Jambi turun langsung ke lapangan untuk mengecek kondisi tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun, pihaknya yang turun kelapangan juga melihat langsung Intake milik PDAM yang berada di kawasan Pulau Pandan, selain itu juga melihat IPA di Broni.

“Intake dan IPA nya masih bagus dan beroperasi maskimal,” kata Junedi.

Namun sebut Junedi, pihaknya tetap memberi masukan pada Perumda Air Minum Tirta Mayang terkait pelayanan terhadap masyarakat.

“Dalam pelayanan, PDAM harus mengejar capaian sambungan rumah tangga 80 persen. Targetnya 2024 sudah tercapai,” katanya.

Sehingga sebut Junedi, dengan tercapainya sambungan rumah tangga 80 persen itu, PDAM harus menyetor PAD ke Pemkot Jambi.

Junedi menyebutkan, saat ini kendala yang masih terjadi di PDAM yakni jangkauan pipa di daerah tertentu yang masih menggunakan pipa lama.

“Itu yang masih menjadi kendala,” ujarnya.

Namun dengan adanya pembangunan melalui dana pinjaman PT SMI beberapa waktu lalu kata Junedi, sudah ada beberapa daerah yang terjangkau pengaliran air PDAM.

“Kebetulan ada bantuan PT SMI, jadi daerah yang hanya mengalir 2 jam per hari sehingga kini bisa meningkat,” sebutnya.

Bagaimanpun juga pelayanan Perumda Air Minum Tirta Mayang sebut Junedi, harus tetap ditingkatkan. 

“Fungsi dewan pengawas di PDAM juga harus jalan,” ujarnya.

Selain itu sebut Junedi, Perumda Air Minum Tirta Mayang juga harus meningkatkan ekspansi bisnis dari air bersih tersebut.

“Tidak hanya untuk Kota Jambi, bisa saja memperlebar ke Muaro Jambi. Itu harus dipikirikan, bagaimana bisa melebarkan bisnis, bisa juga membuat air kemasan,” pungkasnya. (CR01)





BERITA BERIKUTNYA