HUT Pemerintah Kota Jambi, Mal Pelayanan Publik jadi Kado Istimewa

Kamis, 26 Mei 2022 - 21:51:29 WIB - Dibaca: 681 kali

Kepala Diskominfo Kota Jambi, Abu Bakar (foto: istimewa)
Kepala Diskominfo Kota Jambi, Abu Bakar (foto: istimewa) ()

JAMBIPRIMA.COM, JAMBI - Semarak hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Ke 621 dan HUT Pemerintah Kota Jambi Ke-76 Tahun 2022 dengan Tema "Bersinergi Untuk Kota Jambi Terkini " mulai dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan.

Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan bahwa semarak hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Ke- 621 dan HUT Pemerintah Kota Jambi Ke- 76 Tahun 2022 digelar dengan berbagai macam kegiatan, diantaranya adalah peresmian 12 Infrastuktur perkotaan yang sudah dilaksanakan pada 17 Mei lalu, seusai upacara bendera momentum HUT Pemerintahan Kota Jambi. 

Pembangunan infrastruktur tersebut bersumber dari dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan APBD Kota Jambi sendiri.

Ke-12 infrastruktur itu antara lain, pembangunan IPA Auduri, Terminal Rawasari, RSUD Abdurrahman Sayoeti, Pedestrian di Jalan Sudirman dan Jalan Soekarno Hatta, yang dana pembangunanya bersumber dari pinjaman PT SMI.

Kemudian pembangunan Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), Puskesmas Olak Kemang, Rumah Singgah Dinsos Kota Jambi, SDN 175, SMP 26 Liposos, Pedestrian Soemantri Brojonegoro, Jogging Track Wisata Danau Sipin dan Gedung Depo Arsip, yang bersumber dari APBD Kota Jambi.

Pada momentum HUT Pemerintahan Kota Jambi 17 Mei lalu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha secara resmi juga melaunching Mal Pelayanan Publik (MPP) tanda dimulainya operasional MPP tersebut.

"Untuk pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) total ada sebanyak 115 jenis pelayanan publik yang disediakan oleh 21 instansi daerah  vertikal, BUMN, BUMD, seperti layanan Adminduk (Administrasi Kependudukan-red), perpajakan, perbankan, pembuatan SIM, SKCK, paspor, pertanahan, BPJS, pengadaan barang/jasa, KTP, urusan haji, pernikahan dan lainnya. Fasilitas yang disediakan Mal Pelayanan Publik ini juga sangat lengkap, mulai dari area permainan anak, ruang laktasi, ruang konsultasi, cafe, dan MPP juga ramah bagi penyandang disabilitas. Ini tentu menjadi kado spesial pada HUT Pemkot Jambi, dari Bapak Wali Kota untuk segenap masyarakat Kota Jambi. Semoga dengan hadirnya MPP ini memberikan kemudahan pelayanan perizinan kepada masyarakat," kata Abu Bakar saat dihubungi, Rabu (25/5).

Selain itu, dalam rangka memeriahkan HUT 76 tahun Pemerintah Kota Jambi dan 621 tahun hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi tahun 2022, Pemkot Jambi melalu Perumda Air Minum Tirta Mayang juga memberikan promo biaya sambung baru air minum (syarat dan ketentuan berlaku-red). Hanya Rp850 ribu dari harga normalnya Rp1,1 juta.

Tak hanya itu, bagi yang suka belanja, Pemerintah Kota Jambi bekerjasama dengan pusat-pusat perbelanjaan, restoran dan hotel, juga menghadirkan program bertajuk “Jambi Bertabur Diskon” selama satu bulan penuh. Dimulai tanggal 28 April hinggga 31 Mei 2022 mendatang.

"Pemerintah juga membuka gerai-gerai vaksinasi di layanan kesehatan seperti Puskesmas, Klinik dan juga Rumah Sakit," katanya.

Abu Bakar menambahkan, Pemkot Jambi juga menggelar layanan administrasi kependudukan gratis ke sekolah-sekolah dan kelurahan. Upaya ini dilakukan sebagai untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan, baik KTP, KK, KIA dan lainnya. 

"Selain itu, kegiatan yang paling spektakuler adalah Mountain Bike (MTB) Walikota Jambi Cup 2022 yang akan mengambil tempat di sirkuit MTB kawasan Hutan Kota Muhammad Sabki. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung tanggal 11 Juni mendatang. "Ini terbuka untuk maayarakat umum, dan Pemkot Jambi akan menyiapkan hadiah yang menarik dan meriah," katanya.

Ditambahkan Abu Bakar, pada momentum peringatan hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah ini, Pemkot Jambi juga akan melaunching buku yang bertajuk "Negeri Pusako Batuah".

Kemeriahan peringatan hari jadi Kota Jambi ini juga dirasakan oleh para ASN di kota Jambi. Di mana pemerintah menggelar bermacam kegiatan, seperti kegiatan olahraga tenis meja, sepakbola mini lomba unik memakai sehelai kain menjadi baju dengan mata tertutup, serta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar OPD.

"Untuk membumikan Alquran khususnya dikalangan ASN pada momentum hari jadi Kota Jambi ini juga akan digelar MTQ antar OPD, yang pesertanya dari unsur ASN, dan ini adalah MTQ antar OPD yang ke 2 digelar oleh Pemerintah Kota Jambi bekerjasama dengan LPTQ Kota Jambi," terang Abu Bakar.

Sementara puncak peringatan hari jadi Tanah Pilih Pusako Batuah sendiri akan ditandai dengan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Jambi yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 di ruang Swarna Bumi DPRD Kota Jambi. 

"Pada Sidang Paripurna yang akan dibuka oleh Ketua DPRD Kota Jambi nanti, selain akan dihadiri oleh Gubernur serta kepala daerah se-Provinsi Jambi, insyaAllah juga akan dihadiri tamu dari pusat," pungkasnya. (CR01)





BERITA BERIKUTNYA