Harga Telur Ayam Tembus Rp60 Ribu per Karpet

Selasa, 30 Agustus 2022 - 08:17:41 WIB - Dibaca: 1403 kali

Dewi, penjual telur di RT 33 Kelurahan Paal 5, Kota Baru, Kota Jambi
Dewi, penjual telur di RT 33 Kelurahan Paal 5, Kota Baru, Kota Jambi (Foto: Ahmad )

JAMBIPRIMA.COM, JAMBI- Harga telur ayam di Kota Jambi merangkak naik. Saat ini per karpet harga telur broiler tembus Rp51 ribuan. Bahkan ada yang sampai Rp60 ribuan per karpetnya.

Dewi Penjual Telor di RT 33 Kelurahan Pal Lima, Kota Jambi mengaku sangat terdampak dengan kenaikan harga telor ini.

"Saya langsung ambil dari agen, biasanya satu mobil itu habis dalam 2-3 hari, sekarang satu minggu baru habis. Pelanggan kebanyakan penjual makanan," katanya.

Pelanggannya saat ini sebut Dewi, hanya membeli 5 sampai 10 butir per hari. Padahal biasanya membeli hingga 1 sampai 2 piring. 

Dewi mengatakan, harga telor saat ini berkisar Rp1.650 per butir hingga Rp2 ribu. "Tergantung ukuran, kalau yang besar Rp2 ribu," katanya. 

Sementara Dino, peternak sekaligus pemasok telor di Kota Jambi, mengatakan sejak Rabu (24/8) lalu harga telor sudah naik. Dia berujar bahkan hingga Rp1700 perbutir dari pemasok.

"Naiknya harga mulai dari 10 rupiah, ada 20 rupiah perbutirnya. Bahkan peenah naiknya 40 rupiah perbutir," ungkapnya.

Harga telur di Jambi berbeda dengan daerah-daerah lainnya, karena masih menggunakan harga perbutir. Sedangkan daerah lain menggunakan harga telur perkilogram.

"Tetapi kalau dihitung perkilogram. Bisa 16 sampai 17 butir telur baru dapat jumlah satu kilogram, bisa dikalikan saja," jelasnya.

Melihat harga yang naik, kata Dino, jumlah permintaan pasar masih sama seperti harga sebelumnya.

Artinya, tidak ada dampak pembelian atas naiknya harga telur. (Ahmad)





BERITA BERIKUTNYA