Wabup Tutup Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Kabupaten Tanjabbar

Kamis, 16 Maret 2023 - 11:44:14 WIB - Dibaca: 641 kali

Wakil Bupati Wabup Tanjung Jabung Barat H. Hairan,.SH Foto Bersama Para Perangkat Desa se- Tanjabbar
Wakil Bupati Wabup Tanjung Jabung Barat H. Hairan,.SH Foto Bersama Para Perangkat Desa se- Tanjabbar (Rahim/jambiprima.com)

JAMBIPRIMA.COM,TANJABBAR - Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) H. Hairan, SH menghadiri sekaligus menutup secara resmi Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu (15/03/2023).

Pembinaan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah Desa dalam Kabupaten Tanjabbar Tahun 2023 ini dilaksanakan selama 3 (Tiga) Hari, dari tanggal 13-15 Maret 2023 di Aula Hotel Rivoli.

Dalam laporannya, Plt Kepala Dinas PMD Tanjabbar H. Mulyadi menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng narasumber Bupati, Pimpinan DPRD, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Inspektur serta dari Pihak PMD sendiri.

"Pesertanya sendiri merupakan Kasi Pemerintahan Desa sebanyak 57 orang yang dilaksanakan dalam 1 angkatan," ucapnya

Ia juga menjelaskan, maksud dan tujuan pelaksanaan pembinaan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa yang diikuti oleh Kasi Pemerintahan Desa bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Perangkat Desa khususnya Kasi Pemerintahan Desa.

"Pengetahuan dan pemahaman itu tentang tata praja pemerintahan, menyusun rancangan regulasi Desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban," sebutnya.

Selain itu, kepada Para Kasi Pemerintahan Desa juga diberikan pemahaman terkait pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah, serta pendataan dan pengelolaan profil Desa.

Sementara itu, Wabup dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini banyak permasalahan di Desa yang sifatnya tidak melakukan koordinasi dan perancangan dalam pembuatan peraturan Desa.

"Saya berharap Kasi Pemerintahan Desa dapat berkoordinasi dengan baik, jika ada Kades yang membuat peraturan tidak melalui perancangan silahkan diingatkan kembali untuk melalui perancangan terlebih dahulu," tutur Wabup.

Lebih lanjut, melalui pelatihan ini Wabup juga berharap bahwa apa yang telah disampaikan oleh narasumber dapat di ingat dan dijadikan pedoman serta diimplementasikan oleh bagi Perangkat Desa dalam bekerja.

Kegiatan penutupan kegiatan pembinaan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan Desa ini juga turut dihadiri oleh Peltu Kadis PMD H. Mulyadi, S. Pd, M. Kes, Kabid Adm Pemerintahan Desa Dessy Zuzanna, S. Pd. I, Panitia Pelaksana dan Peserta. (**/Mr)





BERITA BERIKUTNYA