Sri Purwaningsih Ajak Petani Milenial Manfaakan Teknologi Modern untuk Kesuksesan Agrikultur di Jamb

Kamis, 16 November 2023 - 18:50:21 WIB - Dibaca: 993 kali

Sri Purwaningsih Ajak Petani Milenial Manfaakan Teknologi Modern untuk Kesuksesan Agrikultur di Jambi
Sri Purwaningsih Ajak Petani Milenial Manfaakan Teknologi Modern untuk Kesuksesan Agrikultur di Jambi (CR04)

Jambi - Provinsi Jambi, dengan penuh semangat, merayakan Hari Krida Pertanian ke-51 tahun ini sebagai momentum untuk mengenang, menghormati, dan mengangkat peran penting sektor pertanian dalam menggerakkan roda ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam perayaan yang dihadiri oleh Gubernur Al Haris, para kepala daerah, dan ribuan petani, Hari Krida Pertanian bukan hanya menjadi pesta rakyat, tetapi juga panggung komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan pertanian milenial berbasis teknologi.

Peringatan hari Krida pertanian ke-51 tahun 2023 ini berlangsung di kawasan Danau Sipin Kota Jambi, Kamis (16/11/2023).

PJ Walikota Jambi, Sri Purwaningsih, menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Gubernur Al Haris karena memilih Kota Jambi sebagai tuan rumah Hari Pertanian Provinsi 2023.

"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pak Gubernur Jambi karena sudah menunjuk dan mempercayai Kota Jambi menjadi tuan rumah Hari Krida Pertanian 2023," ujar Sri Purwaningsih.

Dia mengatakan, Hari Krida Pertanian adalah momen penting untuk mengenang dan menghargai peran utama sektor pertanian dalam menggerakkan roda ekonomi.

Para petani, dengan kerja keras dan dedikasi mereka, menjadi pahlawan tak terlihat yang menyediakan kebutuhan pangan bagi masyarakat dan mendukung stabilitas ekonomi lokal.

"Tema Hari Krida Pertanian tahun ini, Wujudkan Pertanian Milenial Berbasis Teknologi, menegaskan pentingnya mengadopsi inovasi dan teknologi dalam praktik pertanian," katanya.

Inovasi ini tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga menciptakan peluang baru bagi para petani untuk bersaing di pasar yang terus berkembang.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menekankan pentingnya sektor pertanian sebagai penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi. Dengan tema "Wujudkan Pertanian Milenial Berbasis Teknologi," Al Haris berharap agar para petani memanfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan produksi pertanian.

"Pertanian Jambi memiliki potensi luar biasa, dengan pertanian di kawasan barat dan lautan di kawasan timur. Mari kita bekerja sama untuk mengelola potensi ini dengan baik," kata Al Haris.

Gubernur juga mendorong daerah untuk menggerakkan masyarakatnya dalam memanfaatkan lahan tidur untuk pertanian yang lebih produktif. "Mari kelola lahan yang masih tidur menjadi lahan produktif, seperti uang yang seharusnya tidak tidur," ujarnya.

Al Haris juga menekankan pentingnya kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat, serta memberi bantuan yang cepat untuk mengendalikan inflasi, terutama pada bahan-bahan pokok seperti cabe dan bawang.

Hari Krida Pertanian 2023, yang berlangsung mulai tanggal 14 hingga 16 November, diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk perlombaan yang diikuti oleh petani dari berbagai Kabupaten/Kota di Jambi. Acara ini diharapkan menjadi semangat baru bagi para petani dalam mengembangkan sektor pertanian di provinsi ini.





BERITA BERIKUTNYA