Tinjau TPS Terendam Banjir, Sri Perintahkan Persiapan Pemilu dan Partisipasi Masyarakat

Sabtu, 10 Februari 2024 - 18:09:24 WIB - Dibaca: 707 kali

PJ Walikota Jambi saat meninjau TPS yang terendam banjir
PJ Walikota Jambi saat meninjau TPS yang terendam banjir ()

JAMBIPRIMA.COM, JAMBI - Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, bersama dengan sejumlah pejabat dan instansi terkait, melakukan peninjauan terhadap sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masih tergenang banjir di Legok, Kecamatan Danau Sipin. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB pada Jumat, (9/2/2024). 

Dalam kunjungannya, Sri Purwaningsih didampingi oleh Sekretaris Daerah, Camat, Lurah, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Babinsa, Babinkamtibmas, dan Kapolsek Danau Sipin.

Peninjauan ini bertujuan untuk meninjau kondisi TPS yang masih terendam banjir, yang merupakan kunjungan kedua setelah sebelumnya dilakukan peninjauan serupa di Kecamatan Jambi Timur pada tanggal 24 Januari 2024.

Dalam peninjauan tersebut, TPS yang dikunjungi antara lain TPS 21, 23, 24, 26, 30, 32, dan 33.

Sri Purwaningsih menyatakan bahwa kondisi TPS tersebut sudah nyaman untuk digunakan dalam pelaksanaan Pemilu nanti.

"Alhamdulillah untuk 3 TPS itu (30, 32, dan 33) nanti jika masih terendam akan ditempatkan di SD 68, dan SD 68 ini tinggi, jauh dari air. Maka Insya Allah nanti tanggal 14 Februari, 3 TPS itu nanti berkumpul disini dan warga masyarakat juga sudah di informasikan lokasinya ada di SD 68 ini, tidak perlu pakai tenda karena ada gedungnya, jadi aman terhindar dari hujan maupun banjir," kata Sri.

Hal ini merupakan hasil kerjasama baik antara camat, lurah, dan KPPS setempat untuk mempersiapkan TPS yang layak bagi partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.

Sri Purwaningsih juga menekankan pentingnya partisipasi maksimal masyarakat dalam pemungutan suara.

Dia menyampaikan pesan kepada camat, lurah, dan KPPS agar memastikan bahwa warga masyarakat di Danau Sipin tetap berpartisipasi meskipun kondisi lingkungan tergenang banjir.

Dalam konteks distribusi logistik Pemilu, Sri Purwaningsih menyatakan bahwa pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah siap dalam hal pendistribusian.

Dia mengapresiasi kesiapan KPU dalam menghadapi situasi banjir, yang telah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mendistribusikan logistik dengan baik.

Selain itu, Sri Purwaningsih juga memberikan update terkait kondisi banjir di Jambi. Ketinggian air saat ini mencapai 14,69 Cm dan cenderung turun, meskipun masih dalam status siaga 2.

Jumlah warga yang terendam banjir mencapai 71 keluarga dengan 350 jiwa terdampak. Sementara untuk jumlah rumah yang terendam sebanyak 65 rumah.

Untuk itu, Dinas Sosial telah memberikan bantuan kepada 65 keluarga yang masih terendam banjir.

Dengan demikian, pemerintah kota Jambi terus berupaya memastikan kesiapan semua TPS baik yang tergenang banjir maupun yang tidak, untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu dan partisipasi maksimal masyarakat dalam proses demokrasi.(***)





BERITA BERIKUTNYA