Situs Rang Kayo Hitam Terancam Abrasi

Jumat, 06 Maret 2020 - 07:06:28 WIB - Dibaca: 1322 kali

(ist/Jambione.com)

Jambione.com, MUARASABAK - Situs pemakaman rang kayo hitam di Kecamatan Berbak, yang persis berada di tepi bantaran Sungai Batanghari terancam abrasi. Guna menahan abrasi, struktur dinding beton yang digunakan sebagai penahan abrasi  kini telah ditopang menggunakan seling. Bahkan di beberapa titik dinding beton tampak sudah mengalami kerusakan.

Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, di sela-sela kegiatan panen raya di Kecamatan Berbak belum lama ini mengatakan, pemkab telah melihat langsung kondisi pemakaman Rang Kayo Hitam dan memang terlihat di beberapa lokasi butuh perbaikan dan penanganan khusus.

Untuk itu, Romi menjelaskan, saat ini pihak pemkab telah berkoordinasi dengan pihak Pemprov Jambi terkait penanganan kerusakan atau pun kekurangan sarana dan prasarana yang ada di lokasi pemakaman tersebut.

Kami berharap lokasi pemakaman tersebut bisa segera diperbaiki kerusakan yang terjadi di lokasi pemakaman. Baru-baru ini pihak pemprov telah hadir ke lokasi pemakaman dan tentu harus ada langkah strategis supaya segala kerusakan bisa segera diperbaiki," jelasnya.

Selain itu, Pemda pun mempunyai tanggung jawab moral supaya lokasi makam tersebut bisa tetap terjaga dan terawat. Sebab, area makam tersebut merupakan peninggalan sejarah dan mampu menyedot wisatawan yang datang ke lokasi makam tersebut.

"Saya dengar, kunjungan masyarakat juga cukup banyak ke lokasi makam Rang Kayo Hitam. Untuk pertiga bulan jumlah pengunjung bisa mencapai dua ribu orang. Hal tersebut tentu sangat baik dan kita berharap kedepan bisa lebih banyak lagi pengunjung yang datang ke lokasi makam tersebut," ungkapnya

Kedepan, akan fokus pada pembangunan akses jalan agar lebih rapi dan tertib lagi. Diharapkan dengan akses jalan dan parkir yang bagus, masyarakat yang ingin berkunjung ke lokasi makam tidak lagi kesulitan menempuh perjalanan.

“Mudah-mudahan kedepannya di lokasi ini bisa diselenggarakan kegiatan atau agenda tahunan kabupaten dan bisa menyedot animo masyarakat untuk datang. Selain itu juga sebagai bentuk promosi lokasi bersejarah ini,” terang Romi.

Ketika singgah di lokasi makam Rang Kayo Hitam, Bupati Romi beserta beberapa rombongan yang akan mengikuti panen raya menyempatkan diri berziarah dan membacakan doa di makam salah satu raja melayu Jambi itu. (zal)





BERITA BERIKUTNYA