Sudah Tak Representatif, Dewan Minta Sarpras RPH Dibenahi

Jumat, 27 Mei 2022 - 11:39:10 WIB - Dibaca: 618 kali

Dewan Kota Jambi (foto: istimewa)
Dewan Kota Jambi (foto: istimewa) ()

JAMBIPRIMA.COM, JAMBI - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jambi, mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi segera melakukan renovasi terhadap Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Pasalnya RPH itu dinilai sudah tidak memadai dan berpotensi mencemari lingkungan.

"Kondisi RPH ini sama seperti tahun 2013. Tidak pernah ada renovasi, sehingga banyak yang harus diperbaiki," kata Ketua Komisi II, Junedi Singarimbun kepada wartawan, Kamis (26/5).

Kata Junedi, pemerintah kota Jambi harus memikirkan pemindahan RPH tersebut ke lokasi baru, karena pemerintah Provinsi Jambi mewacanakan lokasi tersebut akan dibangun SMA Negeri 12. 

"Tahun ini itu tidak ada penganggaran untuk itu. Kita minta itu bisa diusulkan tahun depan. Bisa juga mengajukan dana ke pusat, katanya tersedia plafon sebesar Rp6 miliar. Kalau itu terealisasi tentu bisa menambah PAD untuk Kota Jambi kedepannya," jelasnya.

Politisi PDIP tersebut mengatakan, pemerintah kota Jambi harus menjalin komunikasi yang jelas dengan pemerintah provinsi. Sebab jika Pemerintah Kota yang tidak siap, maka masyarakat yang dirugikan karena tidak bisa memotong hewan di RPH. 

Sementara itu, Plt Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, Meizadiarty mengatakan jika pihaknya akan mengusulkan rencana perbaikan RPH tersebut. 

"Kita siap mengajukan anggaran perbaikan, kita juga ada rencana mengusulkan dana ke pusat. Karena wacana mau dibangun SMAN 12 oleh Pemerintah Provinsi Jambi itu benar," katanya.

Meiza menambahkan, jika usulan perbaikan itu nantinya bisa menambah PAD Kota Jambi. (CR01)





BERITA BERIKUTNYA