Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabe di kota Jambi Melejit

Senin, 13 November 2023 - 16:06:32 WIB - Dibaca: 648 kali

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabe di kota Jambi Melejit
Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabe di kota Jambi Melejit (CR04)

Jambi - Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) beberapa komoditi mulai merangkak naik. Laporan hasil monitoring harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Induk Angso Duo dan Pasar Rakyat Talang Banjar Kota Jambi pada Jumat (10/11/2023) mengungkapkan perubahan signifikan dalam harga beberapa komoditi utama.

Di Pasar Induk Angso Duo, komoditi cabe merah besar mengalami kenaikan harga yang cukup mencolok, melonjak dari Rp54.000/kg menjadi Rp78.000/kg atau sekitar Rp24.000/kg (+44%).

Kenaikan ini dipicu oleh berkurangnya pasokan dari berbagai daerah seperti Lokal, Bengkulu, Palembang, Medan, dan Jawa Tengah.

Hal serupa juga terjadi pada cabe merah keriting, yang mengalami kenaikan harga dari Rp58.000/kg menjadi Rp80.000/kg atau sekitar Rp22.000/kg (+38%) dengan alasan yang serupa, yaitu penurunan pasokan dari berbagai wilayah.

Sementara itu, di Pasar Rakyat Talang Banjar, pola perubahan harga komoditi cabe merah besar dan cabe merah keriting serupa dengan yang terjadi di Pasar Induk Angso Duo.

Cabe merah besar naik dari Rp54.000/kg menjadi Rp78.000/kg (+44%), sedangkan cabe merah keriting naik dari Rp58.000/kg menjadi Rp80.000/kg (+38%). Penyebabnya juga dipengaruhi oleh berkurangnya pasokan dari berbagai daerah.

Seorang Ibu Rumah Tangga, Sari, Warga RT 32 Kelurahan Legok mengatakan, jika bukan hanya cabe yang mahal, ikan sungai juga mahal.

"Ikan Nilla payah jugo bang nyari di pasar. Adonyo yang beku, hargonyo Rp30 ribu per Kilogram. Kalau yang segar Rp40 ribu per kilogram, itupun ikannyo dak ado," katanya kepada Jambiprima.com, Minggu (12/11/2023).

Salah satu penjual Ikan di Pasar Angso Duo, Husein menyebutkan jika rata-rata harga ikan mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan oleh pasokan yang kurang, serta musim kemarau.

"Harga ikan rata-rata naik Rp4 ribu per kilogram. Ikan dari luar jarang masuk," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi, Amran saat dikonfirmasi mengatakan jika permasalahan kenaikan harga barang jelang Nataru 2023 itu akan dibahas pada Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) pada Senin (13/11/2023).

"Besok (Senin) akan dibahas di rapat TPID," singkatnya.

Perubahan harga yang signifikan ini dapat menjadi perhatian serius bagi masyarakat, terutama dalam perencanaan pengeluaran sehari-hari.

Diperlukan langkah-langkah yang tepat dan koordinasi yang baik antara pemerintah dan pihak terkait untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan memastikan ketersediaan pasokan yang memadai.





BERITA BERIKUTNYA